Kulit Berminyak Atasi Dengan Resep Ajaib Masker Alami

Kulit Berminyak tentu sangat menganggu. Bagi anda semua yang memiliki masalah wajah berminyak dan cenderung berjerawat, janganlah khawatir, karena berikut ini akan dibahas kembali mengenai beberapa cara menangani Kulit Berminyak yang mungkin sangatlah meresahkan dan bermasalah.
Kulit Berminyak Atasi Dengan Resep Ajaib Masker Alami
Kulit Wajah Berminyak

Ciri Kulit Berminyak

Kulit berminyak pada umumnya cenderung berkilau seperti beralaskan minyak, khususnya pada bagian T-zone, yaitu daerah dahi lalu turun ke bagian hidung dan dagu. Untuk mengetahui apakah anda memiliki jenis kulit berminyak, anda dapat melakukan pengetesan dengan cara seperti berikut. Pertama, ambil selembar tissue, atau kertas pembersih wajah (umumnya disebut juga kertas minyak).

Lalu, tempelkan pada bagian T-zone wajah anda. Apabila kertas minyak yang sudah anda tempelkan pada wajah berubah menjadi sangat berminyak dan basah, maka kulit anda memang benar-benar jenis kulit berminyak karena jenis kulit kering yang ditempeli dengan kertas minyak tidak akan menghasilkan minyak-minyak yang menempel pada kertas tersebut. Kulit berminyak mungkin baik untuk menjaga kelembapan dan keremajaan kulit, namun kandungan minyak berlebih pada wajah juga dapat berakibat buruk karena dapat menyebabkan jerawat dan wajah kusam.

Kulit Berminyak Atasi Dengan Jenis-Jenis Masker Wajah Alami Ini


Beberapa bahan di bawah ini merupakan bahan-bahan alami yang mudah anda dapatkan dari sekitar anda. Selain harga bahannya terjangkau, proses pembuatan serta melakukannya pun sangatlah mudah. Ingin tahu lebih banyak? Simak tips mengatasi Kulit Berminyak berikut ini.

Kulit Berminyak Atasi Dengan Masker Pisang


Bahan-bahan
1 buah pisang (diutamakan yang sudah masak di pohon)
2 sendok makan madu
1 buah jeruk atau lemon

Cara Melakukan

Pertama, simpan terlebih dahulu buah pisang di dalam freezer lemari es anda. Biarkan sampai teksturnya agak meleleh atau melembut. Apabila pisang sudah agak melumer, lumatkan buah pisang dan campurkan dengan madu. Untuk hasil lebih baik, anda dapat menggunakan blender untuk mencampurkan pisang dengan madu tersebut. 

Tambahkan beberapa tetes perasan jeruk atau lemon ke dalam campuran pisang dan madu. Biarkan 1-2 menit hingga seluruh bahan benar-benar tercampur rata. Lalu, oleskan pada wajah anda hingga merata. Diamkan selama15 menit. Setelah itu, cuci wajah anda dengan air hangat dan akan lebih baik apabila diikuti dengan face moisturizer. Lakukan proses ini secara rutin, maka wajah anda pun akan bebas kilau dan tampak lebih segar.

Masker Lemon dan Aspirin

Aspirin berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan membersihkan bekas-bekas jerawat yang muncul pada wajah. Selain itu, lemon memiliki kandungan citric acid yang berguna sebagai anti bakteri, penghilang dan pencegah jerawat serta mencerahkan kulit wajah. Ramuan masker wajah ini umumnya cocok bagi mereka dengan kulit wajah yang sangat-sangat berminyak dan selalu cenderung berjerawat.

Bahan-bahan
3-6 butir aspirin
1 buah jeruk lemon
baking soda

Cara Melakukan

Aspirin yang disiapkan memang berkisar antara 3 sampai 6 butir, namun penggunaannya harus disesuaikan dengan kondisi kulti wajah anda. Apabila sangat berminyak dan jerawat pun terlihat sangat parah, sebaiknya anda gunakan lebih dari 3 atau 4 butir aspirin.

Pertama, hancurkan aspirin dengan menggunakan gelas atau alat penggerus obat-obatan. Letakkan di dalam mangkuk atau cawan. Lalu, tambahkan perasan jeruk lemon ke dalam aspirin yang telah digerus. Ketentuannya adalah satu sendok makan untuk tiap satu butir aspirin. Misalnya, anda meggunakan 4 butir aspirin maka anda perlu menambahkan 4 sendok makan perasan jeruk lemon. Aduk dan biarkan meresap satu sama lain.

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan masker tersebut pada wajah anda, terutama pada bagian-bagian yang sangat berminyak dan berjerawat. Biarkan selama beberpa menit hingga mengering. Apabila sudah mongering dan kaku, bersihkan wajah anda. Lalu, basuh dengan handuk hangat yang sebelumnya telah direndam ke dalam larutan baking soda.

Kulit Berminyak Dengan Masker Stroberi

Bahan-bahan 
¼ cup buah stroberi segar (hindari menyimpannya di dalam lemari es)
¼ cup yogurt tanpa rasa atau cream dengan rasa asam


Cara Melakukan

Atur dan jaga agar stroberi dan yogurt yang akan anda gunakan sebagai masker tetap berada pada suhu normal ruangan. Langkah pertama, campurkan stroberi dan yogurt dengan menggunakan blender. Anda tidak perlu menambahkan air karena buah stroberi sudah cukup mengandung air dan yogurt sendiri pun juga sudah bertekstur cair. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah anda. Biarkan selama 10-15 menit. Cuci bersih wajah.


Kulit Berminyak Dengan Masker Stroberi dan Lemon


Stroberi dan lemon pada dasarnya mengandung zat astringen yang berfungsi untuk menjaga kekencangan dan keremajaan kulit.

Bahan-bahan
1 sendok teh perasan lemon
2 biji putih telur
3 sendok makan madu
1 cup buah stroberi
4 tetes essential oil

Cara melakukan

Lumatkan stroberi hingga menjadi bubur. Apabila sudah lembut, tambahkan campuran lainnnya yaitu perasan lemon, putih telur, madu, stroberi, dan essential oil. Oleskan merata pada wajah. Tunggu selaman 10 menit lalu bersihkan wajah.


Masker Susu Magnesium Atasi Kulit Berminyak


Susu magnesium sebenarnya merupakan cairan atau larutan yang mengandung magnesium. Fungsinya hampir sama dengan tanah liat yakni mengandung disifektan dan menyerap minyak dengan sangat baik, sehingga penggunaan bahan ini cukup dianjurkan bagi anda yang memiliki kulit berminyak.

Bahan-bahan
1 botol susu magnesium tanpa rasa

Cara Melakukan

Caranya mudah saja, anda tidak perlu mencampurnya dengan bahan lain karena susu magnesium itu sendiri sudah memiliki kandungan yang sangat baik dan lengkap untuk menangani masalah kulit berminyak. Cukup oleskan saja pada wajah anda hingga merata. Tunggu selama 10-15 menit kemudian bersihkan dengan air dingin.


Kulit Berminyak Dengan Masker Kunyit


Cara ini banyak dan sangat umum digunakan oleh masyarakat Hindia, Asia Tenggara dan Timur Tengah. Wanita-wanita Hindia biasanya menggunakan masker ini untuk mencerahkan wajah mereka. Selain itu, cara ini juga umum digunakan oleh wanita India sebagai perawatan wajah ketika mereka akan melangsungkan pernikahan. Namun, khasiat lain juga bisa diperoleh dari ramuan ini yakni untuk menyerap kadar minyak berlebih pada kulit sehingga dapat menghindarkan kita dari kulit kusam dan berminyak.

Bahan-bahan
2 sendok makan tepung terigu,
¼ sendok bubuk kunyit
¼ cup yogurt tanpa rasa
beberapa tetes perasan lemon
madu
 

Cara Melakukan

Pertama, campurkan bubuk kunyit dan tepung terigu. Tambahkan perasan lemon dan aduk rata. Kemudian masukkan yogurt sedikit demi sedikit sampai campuran bahan-bahan ini membentuk pasta. Jumlah yogurt yang ditambahkan disesuaikan dengan selera masing-masing. Apabila anda senang dengan pasta masker yang cukup kental anda dapat mencampurkan sedikit yogurt saja, dan sebaliknya. Lalu, oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 15-20 menit. Cuci bersih wajah dengan air hangat.

Kulit Berminyak Dengan Masker Tanah Liat Hijau


Tanah liat hijau merupakan jenis tanah liat yang terbuat dari campuran bahan-bahan alami dan tanaman hijau. Anda bisa membeli bahan ini di toko-toko kesehatan.

Bahan-bahan

1 sendok makan tanah liat/lempung hijau
1 sendok the minyak biji apricot
3 tetes minyak palmarosa (palmarosa essential oil)

Cara Melakukan
Langkah pertama adalah dengan mencampurkan palmarosan dan minyak apricot bersama-sama. Tambahkan beberapa tetes air hangat. Oleskan pada wajah. Biarkan mongering kurang lebih selama 10 menit. Cuci bersih wajah anda dengan air hangat.

Masker Stroberi dan Gula Merah


Masker stroberi yang dicampur dengan madu, lemon, dan gula merah berkhasiat untuk mengatasi kulit berminyak dan mencegah jerawat. Stroberi, madu dan lemon mengandung salicylic acid yang berguna untuk menyerap minyak berlebih pada kulit, sedangkan gula merah mengandung natural exfoliant yang berfungsi dalam pengangkatan sel-sel kulit mati pada kulit wajah yang serngkali menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, campuran bahan-bahan ini sangatlah berguna untuk mengatasi Kulit Berminyak sekaligus membebaskan kulit dari jerawat.

Bahan-bahan
6 buah segar stroberi
1 sendok makan madu
1 sendok makan gula merah
1 sendok makan perasan jeruk lemon

Cara Melakukan

Lumatkan stroberi sampai benar-benar lembut. Masukkan perasan lemon, madu dan gula merah. Campur semua bahan sampai membentuk pasta. Apabila anda kesulitan dalam mencampurnya secara manual, anda dapt menggunakan blender atau food processor. Kemudian, apabila semua bahan telah tercampur rata, oleskan pada wajah secara merata. Tunggu selama 10 menit. Bersihkan dengan air hangat.

Bagaimana sobat cantik? Banyak bukan cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kulit berminyak? Jangan cemas dulu tentang Kulit Berminyak, coba dan rasakan hasil dari tips-tips diatas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kulit Berminyak Atasi Dengan Resep Ajaib Masker Alami"

Posting Komentar